Pages

Sabtu, 07 Januari 2012

iOS Apple Vs Android Google


Android Google dan iOS Apple bertarung sengit di pasar sistem operasi (OS) mobile. Menariknya, Google merasa diuntungkan dengan kesuksesan iOS Apple.
Manager Google Asia Pasifik Danial Alegre menyatakan, Google senang atas kesuksesan iOS iPhone buatan Apple itu. Menariknya, Alegre mengaku, Google tak berniat mengalahkan iPhone.
Menurut Alegre, Google tak menganggap iPhone sebagai pesaing Android, sebaliknya justru kami merasakan manfaat kesuksesan iPhone tersebut.
Tiap kali iPhone meraih kesuksesan dalam industri ponsel, jumlah orang yang mencari informasi perihal iPhone melalui mesin pencari Google makin banyak.
“Secara tak langsung, iPhone menjadi pendorong Google terus mengembangkan Android tanpa peduli siapa yang menjadi nomor satu di pasar platform itu,” lanjutnya.
Tak ada pemenang jika tak ada lawan. Seperti dikutip PC World, ungkapan inilah yang mungkin sedang dianut Android dan Google saat ini.
Sistem operasi mobile Google Android dilaporkan telah menyalip Apple iOS sebagai sistem operasi terpopuler secara global. Demikian laporan terbaru agen periklanan mobile, InMobi.
Menurut laporan tersebut, OS iPhone dan Android sama-sama bertumbuh signifikan dan terus mengambil porsi pangsa pasar di tingkat global. Namun, pertumbuhan Android ternyata jauh lebih baik dan telah melampaui iOS, yang berjalan di iPhone, iPad, dan iPod Touch.
“Revolusi smartphone terus berlanjut di kuartal kedua tahun ini. Kehadiran Android mendorong pertumbuhan pesat smartphone dalam beberapa bulan terakhir karena mengantar pilihan baru ke konsumen,” kata James Lamberti, VP global research & marketing InMobi, seperti dikutip Cellular News (Jumat 15 April 2011).
Meningkatnya perhatian dan penetrasi pada ponsel oleh pengiklan, penerbit, dan pengembang telah membawa kita ke tahap berikutnya dalam evolusi.
Di InMobi, impresi periklanan mobile secara rata-rata tumbuh 21 % dalam kurun Desember 2011 ke Maret 2011. Peningkatan ini sangat dipengaruhi oleh derasnya arus smartphone yang masuk ke pasar, yang mana jumlahnya diperkirakan 2,8 juta unit selama periode yang sama.
Produsen ponsel seperti Samsung, Apple, dan HTC terus menggerus pasar sang pemimpin pasar, Nokia. Meski demikian, Nokia masih menjadi raja smartphone di posisi puncak dengan 40 % pangsa pasar global. Ini untuk pertama kalinya pangsa pasar Nokia terkikis tajam dalam sejarah.
Nokia kehilangan 3,9 poin saham dalam 90 hari terakhir, ketika Samsung meraup tambahan 1,6 poin, Apple sekitar 1,9 poin, dan HTC kurang lebih 2,8 poin.


Secara global, 35 % dari total iklan di perangkat mobile muncul di layar smartphone.
Berikut ini tabel tentang raihan pangsa pasar OS mobile secara global per Maret 2011.
OS                                 Impression           Pangsa Pasar          Perubahan Poin
Nokia OS                    6,7 miliar               21,2 %                         -1.9
Symbian OS              6 miliar                   19 %                             -1.7
Android                     4,6 miliar               14,5 %                         +4,9
iPhone OS                 4,4 miliar                13,8 %                         +1,9
RIM OS                       1,4 miliar                4,5 %                           +0,5
Lain-lain                    8,5 miliar                27 %                             -3,8
Chief Executive Officer perusahaan pengembang antivirus Avast, mengungkapkan, Android merupakan platform yang “terbuka lebar” dan membuat pengguna tablet berbasis Android lebih terancam dibanding Apple iPad.
Android Google
Android adalah sebuah software stack untuk perangkat mobile yang mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi kunci. The Android SDK menyediakan alat dan perpustakaan yang diperlukan untuk mulai mengembangkan aplikasi yang berjalan pada perangkat bertenaga Android.
Situs ini menyediakan informasi tentang proyek-proyek Google berdasarkan platform Android, seperti perpustakaan eksternal yang memperluas platform, host layanan dan API, dan banyak lagi. Semuanya di situs ini disediakan oleh Google untuk kepentingan pengembang Android. Jika Anda tertarik untuk mengembangkan aplikasi untuk perangkat Android, silakan kunjungi situs Android Developer pada developer.android.com.

Google API Add-On adalah perluasan dengan lingkungan pengembangan SDK Android yang memungkinkan Anda mengembangkan aplikasi untuk perangkat yang termasuk set Google aplikasi kustom, perpustakaan, dan jasa. Fitur utama dari perpustakaan-ini menambahkan Maps eksternal, yang memungkinkan Anda menambahkan kemampuan pemetaan yang kuat untuk aplikasi Android Anda.
Add-on juga menyediakan gambar Android sistem kompatibel yang berjalan di Emulator Android, yang memungkinkan Anda debug, profil, dan tes aplikasi Anda sebelum penerbitan kepada pengguna. Gambar sistem termasuk Maps perpustakaan dan lain komponen sistem kustom bahwa aplikasi anda mungkin perlu, untuk mengakses layanan Google (seperti Android C2DM ). Add-on tidak termasuk aplikasi Google kustom. Bila Anda siap untuk mempublikasikan aplikasi Anda, Anda bisa menyebarkan ke perangkat Android yang menjalankan sebuah versi yang kompatibel dari platform Android dan yang juga mencakup komponen Google adat, perpustakaan, dan jasa.
API Google add-on mencakup:
• Perpustakaan eksternal Maps
• Sebuah Android sepenuhnya-compliant sistem gambar (dengan perpustakaan Maps dan komponen sistem lainnya kustom dibangun)
• Sebuah aplikasi contoh Android disebut MapsDemo
• kelas penuh dokumentasi (juga tersedia di situs ini)
Untuk memulai dengan Google API add-on, mulai dengan membaca Mengintas Add-On.
Android Cloud ke Perangkat Pesan (C2DM) adalah layanan yang membantu pengembang mengirim data dari server ke aplikasi mereka pada perangkat Android. Layanan ini menyediakan mekanisme yang sederhana, ringan bahwa server dapat digunakan untuk memberitahu aplikasi mobile untuk menghubungi server secara langsung, untuk mengambil aplikasi yang sudah diperbarui atau data pengguna. Layanan C2DM menangani semua aspek antrian pesan dan pengiriman ke target aplikasi yang berjalan pada perangkat target.
IOS Apple
IOS (dikenal sebagai OS iPhone sebelum Juni 2010) adalah Apple’s system operasi mobile. Awalnya dikembangkan untuk iPhone, sejak saat itu telah diperluas untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple tidak lisensi IOS untuk instalasi pada perangkat keras pihak ketiga. Pada 14 Januari 2011 , Apple App Store berisi lebih dari 300.000 IOS aplikasi, yang kolektif di-download lebih dari 10 miliar kali. Pada kuartal terakhir tahun 2010, itu memiliki pangsa 16% dari smartphone sistem pasar operasi dalam hal unit yang terjual, ketiga di belakang Google’s Android dan Symbian. Pada bulan Mei 2010 itu menyumbang 59% dari konsumsi mobile web (tidak termasuk iPad) di Amerika Utara.
The user interface IOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung, dengan menggunakan isyarat multi-touch, elemen kendali Interface terdiri dari slider, switch, dan tombol. Respon terhadap masukan pengguna langsung dan menyediakan antarmuka cairan. Interaksi dengan OS mencakup gerakan seperti gesek, tekan, mencubit, dan mencubit balik, semuanya memiliki definisi khusus dalam konteks sistem operasi IOS dan antarmuka multitouch-nya. Internal accelerometers digunakan oleh beberapa aplikasi untuk merespon gemetar perangkat (satu hasil yang umum adalah membatalkan perintah) atau berputar dalam tiga dimensi (satu hasil yang umum adalah beralih dari portrait ke modus lansekap).
IOS berasal dari Mac OS X, yang mana saham Darwin pondasi, dan karena itu Unix seperti sistem operasi oleh alam.
Dalam IOS, ada empat lapisan abstraksi : Core OS lapisan, yang Core Service lapisan, lapisan Media, dan Kakao Touch lapisan. Sistem operasi menggunakan sekitar 500 megabyte perangkat penyimpanan, bervariasi untuk masing-masing model.
Sejarah :
Sistem operasi ini diresmikan dengan iPhone di Macworld Conference & Expo pada tanggal 9 Januari 2007, dan dirilis pada bulan Juni tahun itu. Pada awalnya Apple literatur pemasaran, tidak menetapkan nama terpisah untuk sistem operasi, yang menyatakan cukup bahwa “iPhone menjalankan OS X”. Pada awalnya, aplikasi pihak ketiga tidak didukung. Steve Jobs berpendapat bahwa pengembang dapat membangun aplikasi web yang “akan berperilaku seperti aplikasi asli pada iPhone”. Pada tanggal 17 Oktober 2007, Apple mengumumkan bahwa SDK asli berada di bawah pengembangan dan bahwa mereka merencanakan untuk memasukkannya ” dalam ‘tangan pengembang pada bulan Februari “. Pada tanggal 6 Maret 2008, Apple merilis pertama beta, bersama dengan nama baru untuk sistem operasi: “iPhone OS”.
Meramaikan penjualan perangkat mobile Apple menyalakan minat dalam SDK bulan September sebelumnya, Apple telah merilis iPod touch, yang sebagian besar ponsel-kemampuan non iPhone. Apple juga menjual lebih dari satu juta iPhone selama liburan musim 2007. Pada tanggal 27 Januari 2010, Apple mengumumkan iPad, menampilkan layar yang lebih besar daripada iPhone dan iPod touch, dan dirancang untuk browsing web, konsumsi media, dan membaca iBooks.
Pada bulan Juni 2010, Apple OS namanya iPhone sebagai “IOS”. Nama “IOS” telah digunakan oleh Cisco untuk lebih dari satu dekade untuk perusahaan IOS yang digunakan pada router Cisco. Untuk menghindari potensi gugatan, Apple lisensi “IOS” trademark dari Cisco.
Versi IOS :
Versi 4 (iOS4), mengumumkan pada bulan April 2010, diperkenalkan multitasking, email threaded, dan fitur beberapa berorientasi bisnis. Pada 2010 WWDC keynote pada tanggal 7 Juni 2010, Apple mengumumkan bahwa iPhone OS telah diganti IOS. Apple lisensi merek dagang untuk “IOS” dari Cisco Systems (yang memiliki IOS), perusahaan yang sama dengan yang sebelumnya diselesaikan Apple sengketa atas iPhone “merek dagang”.
Apple merilis IOS 4 pada tanggal 21 Juni 2010, tiga hari sebelum 4 iPhone, dalam upaya untuk mengurangi ketegangan pada itu server Apple. IOS 4 adalah versi pertama dari OS yang akan upgrade gratis pada iPod touch, Apple telah dibebankan $ 9,99 untuk upgrade sebelumnya. Apple sebelumnya mengumumkan bahwa pengguna iPad dengan perangkat lunak 3.x akan menerima upgrade gratis ke (utama 4.x) rilis berikutnya.
IOS 4.0.1 termasuk fix untuk indikator kekuatan sinyal penerimaan. Ini dirilis pada tanggal 15 Juli 2010, sehari sebelum Apple menjadi tuan rumah konferensi pers untuk membahas tanggapan terhadap isu-isu iPhone dipublikasikan secara luas antena. Apple juga merilis IOS 3.2.1 untuk iPad yang tweak Wi-Fi tablet itu, pemutaran video, dan copy-dan-paste untuk attachment PDF, antara pembaruan lainnya.
IOS 4.0.2 untuk iPhone dan iPod touch dan IOS 3.2.2 untuk iPad yang dirilis pada 11 Agustus 2010,, untuk memperbaiki sepasang kerentanan keamanan.
IOS 4.1 untuk iPhone dan iPhone touch ini dirilis pada tanggal 8 September 2010; update perbaikan beberapa bug yang dilaporkan oleh pengguna, meningkatkan daya tahan baterai dan menambahkan fitur baru yang disebut Game Center, yang memungkinkan gamer untuk multiplay, meng-upload skor tinggi dan untuk membuka prestasi (meskipun, Apple dihapus Game Center dari iPhone 3G karena laporan-laporan tentang kinerja lambat) dan menambahkan dukungan awal untuk iPod touch Generasi ke-4 dan Apple TV 2G. 4.1 IOS juga memperbarui pengaturan operator yang di AS AT & T 8.0 dan diaktifkan Toggling Periksa Ejaan On / Off. IOS 4.1 juga menambahkan HDR fotografi, sebuah fitur yang hanya 4 iPhone mampu menggunakan. TV Show Rentals tersedia di iTunes Store US. IOS 4.1 juga menambahkan fitur baru yang disebut Ping yang merupakan jaringan sosial musik dan alat penemuan.
IOS 4.2 dirilis untuk pengembang pada tanggal 8 November 2010. Tidak pernah dirilis ke publik sebagai Wi-Fi bug ditemukan pada rilis terbatas. Apple kemudian mengeluarkan dua lagi rilis master emas. Akhirnya, Apple merilis IOS 4.2.1 ke publik.
IOS 4.2.1 dirilis pada 22 November 2010 dengan dukungan untuk semua A4 Apple perangkat, ke-3, dan 2-generasi perangkat, dengan pengecualian dari Apple TV. Ini membawa dukungan awal IOS 4.x untuk iPad, ditambah diputar dan AirPrint untuk semua perangkat yang kompatibel. Ia juga berisi perubahan kecil ke YouTube aplikasi dan mengubah animasi multitasking. Pada iPad, perubahan fungsi tersebut rotasi layar pengunci tombol untuk bisu, sama seperti yang semula direncanakan. Sebagai bug utama yang dikenal, versi ini tampaknya menghambat penggunaan Camera Kit Connection di iPad.
IOS 4.2.5 dirilis sebagai versi demo untuk CDMA versi 4 iPhone. Ini varian 4 iPhone dirilis untuk Verzon Wireless pelanggan di AS pada tanggal 10 Februari 2011, tapi pra-pemesanan telah tersedia untuk memenuhi syarat Pelanggan Verizon Wireless pada 3 Februari. Versi dirilis dengan telepon, 4.2.6, memiliki beberapa UI sedikit perubahan khusus untuk versi CDMA telepon, termasuk sebuah saklar “Hotspot Pribadi” di app Pengaturan, sebuah layanan yang harus diaktifkan oleh carrier supaya fitur yang akan digunakan. Hal ini akan dapat dibeli dari Verizon sebagai rencana yang terpisah, seperti yang saat ini mungkin pada smartphone lainnya.
IOS 4.3 beta dirilis kepada pengembang pada tanggal 12 Januari 2011, dan master emas pada tanggal 3 Maret 2011.
IOS 4.3 telah dirilis ke publik pada tanggal 9 Maret 2011, 2 hari sebelum 2 iPad. Selain fitur sebelumnya, rilis publik dari IOS 4.3 mencakup banyak fitur baru seperti mesin Nitro JavaScript di Safari, membuat Safari berjalan sampai dua kali lebih cepat. iTunes Home Sharing juga menerima revisi utama di IOS 4.3; itu memungkinkan pengguna untuk terhubung ke rumah mereka Wi-Fi jaringan dan streaming konten dari perangkat IOS ke speaker, TV dan perangkat lain, atau sebaliknya. Pribadi Hotspot untuk iPhone 4 adalah fitur baru untuk iPhone GSM (dirilis sebelumnya dengan Verizon iPhone) yang memungkinkan pengguna untuk membuat Wi-Fi jaringan dengan 4 iPhone dan menyediakan akses internet hingga lima perangkat lain pada Verizon Wireless, tiga di AT & T ini akan tersedia untuk kedua iPhone US 4 carrier, AT & T dan Verizon Wireless.
Manajemen hak digital :
Dan kepemilikan sifat tertutup dari IOS telah mengumpulkan kritik, khususnya dengan hak digital pendukung seperti Electronic Frontier Foundation, insinyur komputer dan aktivis Brewster Kahle, Internet-hukum spesialis Jonathan Zittrain, dan Fee Software Foundation yang memprotes’s pengantar acara iPad dan telah iPad ditargetkan dengan mereka “rusak oleh Design kampanye “. Pesaing Microsoft, melalui juru bicara PR, juga mengkritik’s kontrol Apple atas platform.
Yang paling penting adalah pembatasan yang dipaksakan oleh desain IOS, yaitu DRM dimaksudkan untuk mengunci dibeli media untuk platform Apple, model pembangunan (yang membutuhkan berlangganan tahunan untuk mendistribusikan aplikasi yang dikembangkan untuk IOS), proses persetujuan terpusat untuk aplikasi, serta Apple umum pengendalian dan kuncian dari platform itu sendiri. Khususnya pada masalah adalah kemampuan untuk Apple untuk aplikasi jarak jauh menonaktifkan atau menghapus di akan.
Sebagian komunitas teknologi telah menyatakan keprihatinan bahwa terkunci-down IOS merupakan tren yang sedang berkembang di Pendekatan Apple untuk komputasi, terutama’s pergeseran Apple dari mesin yang hobi bisa “bermain-main dengan” dan perhatikan potensi pembatasan tersebut untuk menahan inovasi perangkat lunak.
Namun, ada beberapa di luar Apple yang telah menyuarakan dukungan untuk IOS tertutup model. agar pengembang Joe Hewitt, yang sebelumnya protes terhadap’s kontrol Apple atas perangkat keras sebagai “preseden yang mengerikan”, telah kemudian berpendapat aplikasi terkunci di iPad adalah mirip dengan aplikasi web dan memberikan tambahan keamanan.

Tidak ada komentar: